THROWBACK

By TYSNA SAPUTRA - Januari 28, 2020


Awalnya cuma ingin cepet tidur dengan dibantu ambience  lagu Brown Eyes dari Desteny’s Child, kemudian spotify terus melooping ke lagu berikutnya, Through The Rain dari Mariah Carey. Lagu tersebut membawa saya ke sebuah throwback saat saya berjalan di balkon depan kelas saya saat duduk di bangku SMA. Lucunya dulu saya ingin sekali meng-skip semua masa masa tersebut. Masa sekolah memang sangat tidak mengenakan buat saya jalani, tanpa mengesampingkan hal baik yang saya alami juga. Saya selalu ingat dimana saya harus terus menunduk dan berpura-pura menjadi seseorang yang bukan diri saya sendiri, hanya untuk menghindari kata-kata yang bisa membuat jantung saya terus berdegub kencang, dan air mata yang tertahan karena malu dan kesal.


Puluhan tahun sudah saya lewati dari hari-hari tersebut, tapi ada hal yang saya sangat sesali, yaitu selalu ingin meng-skip hari. Jujur, saya memang adalah seorang pengecut yang selalu lari dari masalah, dan men-skip hari adalah jalan yang selalu saya pilih.


Tapi sekarang, saya sadar, begitu banyak memori baik yang saya lewati. Begitu cepat umur ini bertambah. Dan terlalu cepat orang datang dan pergi dalam hidup saya, dengan kesan yang tinggal sedikit tersisa. 


Saya baru sadar bahwa hidup saya sekarang, hanya saya definisikan dari saya yang hari ini atau beberapa tahun ke belakang, saat saya berani berdiri tegak untuk melihat diri saya sendiri. Saya bahkan hampir lupa, dulu saya seperti apa. Mungkin tidak ingat, atau mungkin saya terlalu keras untuk berusaha melupakannya.


Sekarang saya tau, mengapa THROWBACK selalu membuat saya mellow dan sedih. Karena tidak terlalu banyak memori yang saya bisa throwback. Karena saya hanya terlatih untuk melupakan, bukan mengingat. Karena saya terlatih untuk menunduk, bukan melihat. Dan saat saya sadar, saya sudah terlalu dewasa, dan harus menjalani hidup yang lebih serius.


Untuk Tysna lain yang masih duduk di bangku sekolah, jangan kabur, jangan menunduk, jangan berlari, jangan berusaha jadi orang lain. Hujan hinaan akan terus ada bahkan bila kamu jadi apa yang mereka mau. Jangan skip hari ini, karena hari ini gak akan terulang lagi.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar